Pages

Rabu, 22 September 2021

Trip Tiga Hari Dua Malam di Semarang

Hallo Gaes,

Jadi di postingan kali ini aku mau berbagi kenangan saat aku liburan ke Semarang, karena aku orang Jogja yang jarang banget jalan-jalan keluar kota dan kebetulan tempat aku kerja sedang ada libur satu minggu jadi aku ngajak adikku untuk berlibur kesana, selain itu juga ada faktor lain sih kenapa aku memutuskan untuk liburan kesana, aku bener-bener menyiapkan perjalanan ini jauh-jauh hari, iya walaupun cuman ke semarang yang kalau ngelaju pake motor biasa itu bisa dua sampai tiga jam aja udah nyampai, tapi aku pengen membuat perjalanan ini menjadi berkesan banget, jadi aku persiapkan matang-matang liburan kali ini, ini pertama kalinya dengan uangku sendiri aku pergi jalan-jalan keluar kota, mungkin untuk kalian yang sering bolak-balik keluar kota karena tempat kuliah atau kerjaan kalian di luar kota sih kelihatan biasa banget, tapi bagiku aku ingin membuat perjalanan kali ini menyenangkan. Rencana awal aku hanya ingin satu hari satu malam tapi setelah di pikir-pikir aku memutuskan untuk berlibur tiga hari dua malam di Semarang, setelah aku mendapatkan penawaran menarik dari aplikasi Reddoorz yaitu dapet 99 ribu per malamnya langsung deh aku tertarik untuk mendapatkan promonya jadi aku booking hotel dari tanggal 9 februari sampai 11 februari. Hotel yang aku pilih adalah hotel yang dekat dengan Simpang Lima, setelah booking hotel aku juga siapin budget untuk aku jalan-jalan di sana dan belanja termasuk mengisi top up Gopay yang berfungsi untuk akomodasi dan pesan makan juga sehingga memudahkan aku kalau misalnya ingin pergi ke tempat wisata yang ada di sekitar Simpang Lima kita tinggal pesan transportasi online, ini keuntungan yang kita dapat kalau mau liburan di jaman sekarang sudah sangat gampang banget karena terbantu dengan aplikasi online, ini tips buat kalian yang mau jalan-jalan bisa di coba pakai promo-promo dari beberapa aplikasi traveling dan akomodasi untuk mempermudah kalian dalam menjelajahi suatu tempat, lumayan sih selain mendapatkan kemudahan karena tinggal order atau pesan lewat aplikasi di smartphone juga bisa menekan biaya pengeluaran kita. Aku memilih bus antar kota untuk berangkat ke Semarang, karena rumah aku dekat dengan tempat pemberhentian bus jadi aku langsung aja tanpa memesan tiket terlebih dahulu, aku berangkat dari rumah sekitar jam 9 pagi, perjalanan menggunakan bus lumayan lama sekitar tiga sampai empat jam kita baru sampai ke terminal Terboyo Semarang, kemudian sesampainya di sana aku langsung pesan mobil untuk mengantarkan kami ke hotelnya, karena di dekat terminal pengemudi ojek online biasanya tidak boleh menjemput dan menurunkan penumpang maka kita harus berjalan agak jauh dari terminal supaya bisa memesan ojek online.

Perjalanan dari terminal ke hotelnya sekitar sepuluh kilo kurang lebih, kami memesan Gocar dan diantar sampai ke depan hotelnya, tapi ada yang aneh kok depan hotelnya kayak lagi ada alat-alat tukang gitu dan ketika aku masuk aku tanya ke resepsionisnya kan ternyata ada kendala di sana jadi pas aku check in pihak hotelnya ternyata sedang berada dalam tahap renovasi dan di aplikasinya itu masih bisa di booking, di situ aku agak syok sih mungkin masalah sistem yang kurang sinkron dengan pihak kerja samanya atau pihak hotelnya sehingga yang seharusnya status hotel tersebut tidak bisa di pesan tetapi di sistem masih bisa di pesan dan kata pengelolanya mereka sudah mengkonfirmasi pihak Reddoorz nya untuk sementara tidak bisa di booking tapi sistemnya belum terupdate, kata ibu-ibunya juga ada pengunjung lain yang mengalami kejadian yang sama kemudian pihak hotel menyarankan aku untuk menelfon customer servicenya tapi saat itu kebetulan aku tidak punya pulsa biasa untuk menelfon, hanya punya pulsa internet saja tapi aku ingat karena aku udah top up di Gopay akhirnya aku beli pulsa untuk menghubungi pihak Reddoorz selain itu aku juga mengirimkan keluhan di email karena saat itu aku juga bingung harus bagaimana, akhirnya cust servicenya bilang kalau kami dialihkan ke hotel yang lain, bersyukur sih pihak Reddoorznya responsive ketika kami sampai ke hotel pengganti aku pergi ke resepsionisnya dan menanyakan apakah saya bisa check in atau tidak, namun saat itu bookingan aku belum terupdate ke database hotel penggantinya jadi aku harus tunggu beberapa menit baru bisa check in, dan setelah beberapa menit akhirnya kami bisa check in.

Bersyukur semua kendala bisa di atasi dengan baik, walaupun gara-gara itu aku harusnya check in jam 2 tepat jadi check in jam 3an deh, tapi senengnya ternyata hotel pengganti ini lebih dekat dengan Simpang Lima kira-kira sekitar 300 meter dengan jalan kaki saja kita bisa sampai Simpang Lima, selain itu tempatnya nyaman sterategis banget suka<33, kita bisa jalan kaki ke pusat perbelanjaan di dekat Simpang Lima ada plaza Simpang Lima, ada mall Ciputra, ada Transmart yang nempel sama rumah sakit dekat hotel, ada Alfamart juga gaes kalau kalian mau jajan juga tinggal jalan kaki dekat Simpang Lima itu jajanan semua isinya, pokoknya dengan musibah tadi aku terbayar dengan lokasi hotel yang lumayan stetrategis gak lumayan sih tapi sterategis banget.

Ini penampakan depan kamar hotelnya, ada kaca terus tempat gantungan bajunya juga simple banget ada kanan dan kiri itu memang disediain untuk dua orang udah termasuk perlengkapan mandi seperti (sikat gigi, handuk basah, handuk kering yang kecil, sabun, shampoo, odol)

ini tempat tidurnya, lumayan gede dan nyaman itu di samping ada jendela yang mengarah ke samping gedung rumah sakit, dan transmart yang khusus buat belanja hari-hari

Ini kamar mandi di samping dan nyaman banget pakai sliding dor yang burem transparan gitu terus ada shower air panas juga, udah ac dan tv yang sudah terhubung channel berbayar juga dengan harga segitu sih menurutku worth it banget pakai aplikasi booking hotel, karena ketika kita booking langsung ke pihak hotelnya aku yakin banget harganya gak mungkin dapat yang segitu, I’m enjoy it and I love it <333

Setelah sampai ke hotel ini kita istirahat dan mulai jalan-jalannya sehabis isya’ kenapa malam-malam, selain karena kita emang nyampai hotel udah jam 3 sore dan kecapekan mau mandi dan istirahat dulu, kalau malam hari sekitaran Simpang Lima itu rame banget dan di sana banyak dagang jajanan yang bisa kalian coba street foodnya, kalau di jogja sih kayak alun-alun gitu banyak hiburan kayak odong-odong dan lampu kelap-kelip gitu, tapi aku sama adeku memutuskan untuk jalan ke Plaza Simpang Lima yang terhubung dengan mall Ciputra. Jadi Plaza Simpang Lima itu jualannya lumayan murah-murah jadi rekomen banget kalau kalian mau beli oleh-oleh untuk yang dirumah dari makanan, baju, sepatu sampai assesoris itu murah-murah banget, tapi sayangn aku tak sempat ambil gambar. Setelah capek jalan-jalan ke sekitar Simpang Lima akhirnya kita balik ke hotel dan beristirahat, lumayan wifinya kenceng bisa wifian dengan lancar streamingan youtube sampai puas. Oiya guys kalau kalian pesan kamar di Reddoorz ini kalian bisa pesan kamar yang sekalian ada breakfastnya tapi karena aku cuman butuh kamar doang jadi aku gak menambahkan fasilitas itu.

Paginya karena masih mager kami belum ada niatan untuk jalan-jalan bahkan di hotel pun sebenarnya udah cukup menghibur karena bisa streamingan youtube bisa bermalas-malasan dan kita order makan aja lewat Gofood dari pagi sampai siang malas-malasan Vcall sama keluarga dan teman, tidur siang dulu sampai jam satu siang, karena udah pengen maen lagi maka kita memutuskan untuk jalan lagi karena perut juga udah mulai lapar lagi kita memutuskan untuk berangkat ke Café Pelangi Cheese and Chifon Cake karena kata temanku disana cakenya enak dan rekomen banget ketika kalian mau berlibur ke Semarang dan bodohnya aku ngak shoot cafenya kalau penasaran tempatnya kayak apa bisa search aja, menurutku rekomended banget kalau kalian ke Semarang kalian bisa dine in di situ dan kalian bisa membeli oleh-oleh untuk keluarga karena ada mart kecil didalam cafenya, tempatnya kalau di indoor itu suasananya kekeluargaan agak remang-remang gitu dan aku sama adikku memesan menu yang menarik untuk lebih lanjutnya aku mau bikin review tentang café ini di postingan culinary

Ini sedikit penamakan cafenya cukup instagramable kok guys, dan makanannya enak-enak

J with my sister

Contoh minumannya yang aku pesan

Ini makanan yang kami pesan, unuk harga dan nama menunya aku share juga dipostingan lain ya guys

Nah, setelah kenyang makan-makan di Café Pelangi Cheese and Chiffon Cake jam menunjukkan pukul tiga karena kita mau jalan-jalan ke tempat lain juga kita memutuskan untuk jalan ke Masjid Agung Semarang dengan menggunakan Gocar. Masjid Agung Semarang ini selain untuk beribadah ternyata masjid ini juga bisa menjadi tempat wisata religi untuk para wisatawan yang berlibur ke Semarang, biasanya mereka singgah menyempatkan diri untuk sembahyang di masjid ini, Masjidnya besar dan luas ada spot foto-foto yang menarik juga dan ada payung besar yang hanya terbuka ketika malam hari dan kalau ada acara saja jadi sayang sekali saat aku dan adekku kesana itu payungnya tidak dibuka padahal pengen liat kayak apa pasti lebih indah lagi, tapi ingat ya guys jangan asik foto-foto dan lupa ibadahnya oke.

Ini penampakan halaman depan Masjidnya Guys saat itu memang mendung karena aku liburan bulan Februari jadi masih bau-bau musim hujan gitu dan bodohnya aku ngak ku landscape gambarnya, I’m sorry

Ini penampakan Masjid Agung Semarang dibawah awan mendung, ini payung yang aku maksud guys aku gatau apa istilahnya sih tapi yang kaya di mekah itu(norak ya moon maap), kayaknya bakalan lebih bagus lagi kalau payungnya di buka.

Setelah puas ibadah dan jalan-jalan kita balik ke hotel untuk beristirahat, karena besok pagi kita udah mau balik ke jogja. Keesokan harinya kami menghabiskan waktu di hotel sampai jam checkout yaitu jam 12 siang. Kita pesan Gocar untuk di antarkan ke Terminal Sukun yang kalau dari hotel tu 16 kiloan lah kurang lebih, nah disini aku beli tiketnya on the spot dengan harga 45 ribu semarang-jogja bus Patas Ramayana nah bus ini akan menurunkan penumpang yang mau ke jogja ke terminal jombor, ini aku fotoin jadwal keberangkatan dari bus Ramayana yang aku naiki:

Kebetulan aku sampai ke agen Sukun itu sekitar mau jam 1 siang jadi dapat bus yang berangkat dari Semarang-Jogja jam 12.52 kita juga bisa minta untuk berhenti di jalur bus yang melewati dekat rumah kita jadi ngak perlu berhenti ke Terminal Jombor jika rumah kita nggak sampai Terminal Jombor.

Oke guys jadi kita sampai di rumah sekitar setengah empat sore busnya nyaman dan AC, oiya FYI kalau kalian lapar biasanya ada abang-abang atau ibu-ibu yang jual makanan seperti (arem-arem, kacang,risol,kue) jadi kalau kalian lapar kalian bisa ganjal perut dengan jajanan yang di tawarkan, gak mahal kok biasanya harga kisaran dua ribu rupiah sampai sepuluh ribuan murah meriah.

Ini pengalaman jalan-jalan aku semoga bisa menjadi refrensi bagi kalian yang pengen liburan sendiri atau sama teman kalian. Sebenarnya ada part 2 nya tapi aku tidak bahas di postingan ini jadi aku liburan lagi ke Semarang sama temanku karena ada tempat-tempat yang belum sempat aku kunjungi jadi ditunggu ya guys, Sampai jumpa di postingan yang lain ^^ d